05 Mar 2015
Arbiter / Mediator
Seleksi
Persyaratan
Daftar Arbiter
Kode Etik
Persidangan Kode Etik

 

FAQ
News
Articles
References
Glosarium
Cost Simulation

 

Seleksi

Di dalam proses Arbitrase BAPMI dikenal 2 jenis Arbiter, yakni Arbiter tetap (Arbiter BAPMI) dan Arbiter tidak tetap (ad Hoc). Arbiter BAPMI diseleksi dan diangkat oleh Pengurus BAPMI berdasarkan integritas dan kompetensi di bidang pasar modal menurut latar belakang keahliannya masing-masing, sebagian berlatar belakang praktisi, ahli hukum, akuntan dan akademisi. Sampai dengan saat ini BAPMI telah mengangkat 20 orang sebagai Arbiter Tetap BAPMI, dan mereka semua tercatat pula sebagai Mediator Tetap BAPMI.

Sebagai Arbiter/ Mediator Tetap BAPMI, mereka dapat ditunjuk oleh para pihak yang bersengketa untuk menjadi Arbiter pada persengketaan-persengketaan yang diajukan kepada BAPMI, dan mereka juga dapat serta layak ditunjuk sebagai Mediator dalam proses Mediasi di BAPMI.

Ada kalanya pihak yang bersengketa menunjuk calon Arbiter/ Mediator yang tidak tercacat dalam Daftar Arbiter/ Mediator Tetap BAPMI, atau Pengurus BAPMI memandang perlu untuk mengangkat ahli dari luar negeri sebagai Arbiter. Untuk itu Peraturan BAPMI membuka kemungkinan kepada Pengurus BAPMI untuk mengangkat Arbiter ad Hoc dengan pembatasan sebagai berikut:

  1. pengangkatan Arbiter ad Hoc hanya untuk satu kasus tertentu dan akan berakhir setelah proses Arbitrase atas kasus yang bersangkutan selesai;
  2. Arbiter ad Hoc tidak boleh ditunjuk untuk posisi sebagai Arbiter Tunggal atau Ketua Majelis Arbitrase.
Dalam melakukan seleksi, jika dipandang perlu, Pengurus dapat berkonsultasi dengan otoritas Pasar Modal dan Dewan Kehormatan BAPMI untuk memastikan bahwa calon Arbiter memiliki track record yang baik. Pengangkatan seseorang sebagai Arbiter BAPMI atau Arbiter ad Hoc dituangkan dalam suatu surat keputusan yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris Jenderal BAPMI.

Links | User Agreement | Your Comment | Tell Friends
Copyright © 2006 - Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia - All Rights Reserved